POSITIVE THINKING

Positive Thinking
Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kata “Positive Thinking”.Sebenernya apa makna dan bagaimana kita dapat merealisasikan kata dari positive thinking ini. Nah disini gw coba untuk memaparkan semua tentang positive thinking, dimulai dari maknanya, manfaatnya, dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari,  pokoknya semuanya deh yang berkaitan dengan judul di halaman ini, versi gw ya tentunya… Yukk lanjut..!!!!
Oke kita mulai dari apa itu Positive Thinking???. Coba tebak apa itu??? Udah mulai menjawab di dalam hatikan??? Yups benar…Positive thinking itu dari bahasa Inggris kalau diterjemahin ke bahasa Indonesia yaitu berfikiran positif dimana menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)‘berpikir’ adalah menggunakan akal budi untuk mempertimbangkan dan memutuskan sesuatu, sedangkan kata ‘positif’ menurut kamus besar bahasa indonesia adalah pasti, tegas, bersifat nyata dan membangun. Berpikir positif merupakan sikap mental yang melibatkan proses memasukan pikiran-pikiran, kata-kata, dan gambaran-gambaran yang membangun perkembangan pikiran Anda.
Nah.. itu kalo secara istilah ya, tapi gw sebagai orang yang memandang dunia ini penuh dengan realita yang nyata, menurut gw positive thinking itu pura-pura bahagia bro. Mukanya aja kelihatan tersenyum dan bahagia padahal dalemnya udah kaya kapal pecah, sakit,,diibaratin ne yee.. kaya kamu ngedeketin orang yang kamu suka awalnya kamu diterbangkan tuh ke awan lalu dijatuhkan ke dasar jurang ketemu mantan kena jarum karatan dan si dia jadian sama temen yang kamu nggk sangka-sangka bisa jadian sama dia.pokoknya mah sakit dah..
Tapi positive thinking ini perlu banget bro dalam kehidupan sehari-hari ini apalagi di era globalisasi yang penuh dengan tantangan ini terutama tantangan meluluhkan ego dan hati setiap orang yang penuh dengan liku-liku menghadapi realita kehidupan. Beberapa manfaat dari positive thinking versi Dony Romadona yaitu: 1. Terlihat Strong. Orang-orang yang selalu berpikiran positif terlihat dari garis mukanya, raut mukanya pandangannya nggak kosong karena selalu berusaha mensinkronkan antara pikiran, hati dan ucapanya, seengaknya dengan pura-pura bahagia ini..eeh maksudnya positive thinking ini kamu nggak ngerepotin orang dan orang lain gak akan ngerasa kasihan ke kamu intinya kamu akan terlihat strong dah walaupun di dalemnya”……”(isi sendiri ya, gw gk kuat ngisinya). 
Selain itu, manfaat lainnya adalah  2. Munculnya aura dan sugesti yang baik. Aura di sini bukan nama orang ya  apalagi kamu pikirin penyanyi yang cakep itu. Jadi aura di sini semacem pancaran dari diri kamu lah, kan setiap orang dalam kondisi dan tempat tertentu mempunyai aura yang berbeda-beda tergantung dari bagaimana sikap yang dimunculkan oleh orang tersebut dalam situasi tertentu, ada yang auranya positive, negative dan si aura ini punya warna loh, coba kamu sekali-kali foto aura jangan foto selfie mulu..hehe.  Kita balik lagi ke positive thinking, orang yang selalu menerapkan sikap ini, dia akan menjalani hari –hari penuh dengan semangat dan memunculkan aura yang baik sehingga selalu memberikan sugesti kepada tubuhnya untuk mengarungi hari demi hari dengan hal-hal yang positive. Saat kita bangun tidur atau setelah mengerjakan sesuatu maka positive thinking lah dengan apa yang akan terjadi karena saat kita berfikiran positive  maka tidak hanya tubuh yang akan memberikan sugesti bahkan alam semesta ini bro, akan mendukung merealisasikan hal-hal positive yang kita pikirkan dan ucapkan itu. Percayalah bahwa alam semesta ini mampu mendengar melihat dan merasakan kita, makanya jangan sampai kita salah ucap atau berfikiran negative, berfikirlah positive dan percaya juga bahwa sugesti itu ada. Sebagai contoh di rumah kalian ada cermin?? Atau sekarang lagi pegang cermin??.atau lagi di hadapan cermin?? Yauudaah kalau semisalkan belum punya cermin numpang dulu aja di cermin tetangga atau di spion, kemudian bagi yang udah di depan cermin coba deh kamu tersenyum dan ucapkan dengan penuh percaya diri : Saya Ganteng (buat cowo) atau Saya Cantik (buat cewe) *Jangan sampai ketuker yee.. Kemudian bilang : Saya baik, keren, cerdas, berbakat, semangat, segala sesuatu mudah… Sudah?? Nah apa yang kamu rasakan?? Dan coba kosakata yang kita ucapkan kita balik yaitu menjadi Saya jelek, saya jahat, bodoh, tidak berbakat, malas, semua sulit. Nah apa yang kamu rasakan?? Merasakan sesuatu perbedaan bukan?? Enakan yang mana perkataan pertama atau yang kedua. Pasti yang pertama,, ya,iyalah karena itu adalah hal-hal positive yang kita katakan dan otak akan merespon apa yang kita katakan itu serta akan merefleksikannya ke seluruh anggota tubuh kita, tidak hanya anggota badan saja yang merefleksikan hal tersebut, alam semesta juga akan turut ikut campur untuk merefleksikan apa yang kita ucapkan sehingga sedemikian rupa kondisi disekitar kita akan mendukung ucapan tersebut.
Itulah kenapa kita harus selalu berpikiran positive dan mengucapkan hal-hal positive karena tubuh dan alam semesta akan ikut campur untuk merefleksikan apa yang kita ucapkan
Manfaat selanjutnya adalah  3. Meminimalisir rasa takut dan khawatir, Saat kita mengalami suatu masalah entah itu masalah yang berkaitan dengan kondisi ekonomi, keluarga, cinta atau baru saja menyelesaikan suatu tes, entah itu tes di sekolah , tes untuk mendapatkan kerjaan, dan lainnya. Pasti kita akan mengalami yang namanya khawatir, khawatir apabila hasilnya nanti tidak sesuai dengan kehendak kita. Intinya ketika mengalami rasa khawatir yang berlebih sehingga menyebabkan rasa takut dan rasa takut yang nantinya menyebabkan kegalauan, kamu jangan panik apalagi memilih untuk menggoreskan kaca  di lenganmu, lebih baik  kita berpikiran positive thinking, mindset pikiranmu untuk memikirkan hal-hal positive dari apa yang sudah kita kerjakan yakinlah bahwa kita akan dapat menyelesaikan masalah atau lulus dengan hasil yang memuaskan, jangan lupa hal ini dibarengi dengan sikap tawakal (berserah diri pada Allah SWT), dan selalu meyakinkan diri bahwa apa yang akan terjadi itu adalah hal positive, serahkan semua kerjaan yang udah kita kerjakan kepada Allah SWT, biarkan Dialah yang akan memutuskan segala sesuatunya karena apa yang kita kehendaki belum tentu baik untuk kita jadi nggak perlu pusing dan terlalu khwatir dah tuh,, terhadap apa yang belum terjadi karena semua sudah diatur dengan indah oleh Sang Maha Pencipta, alangkah baiknya selalu berpikiran positive terhadap segala sesuatu yang sedang dan akan terjadi. Apabila nantinya hasil yang didapat tidak sesuai dengan apa yang kita pikirkan yaudah terima aja penuh dengan keihklasan karena itu adalah hasil dari apa yang sudah kita kerjakan ambil hikmahnya dan berfikrlah bahwa Sang Maha Pencipta akan memberikan hal yang lebih baik daripada yang ada saat ini percayalah Allah SWT melihat usaha kita, mendengar doa-doa kita, dan sudah mendesign jalan hidup kita sedemikian rupa untuk menuju kesuksesan kita. Jadi nggk usaha khawatir ya, positive thinking aja.
Selanjutnya ada lagi ne manfaat dari positive thinking yaitu 4. Melatih perasaaan,  perasaan itu kaitannya dengan hati bro, orang yang strong itu hatinya kaya keset, iya kaya keset, banyak yang nginjek-nginjek tapi tetep aja “Welcome”..hahaa. Dalam artian apapun perlakukan orang tersebut terhadap dirinya dia slalu aja berlaku baik terhadap orang tersebut. Orang yang selalu berpikiran positive thinking dalam hidupnya maka perasaanya itu udah terlatih untuk mengarungi kehidupan yang penuh dengan teka-teki ini, karena seringnya dia menahan pengekspresian rasa kegalauan yang ada di dalam hatinya, intinya  jangan banget banget  nahan pengekspresian rasa karena kita sebagai manusia yang dikaruniai dengan berbagai rasa maka ekspresikanlah tapi kamu harus tau dimana tempat untuk mengekpresikan hal tersebut. Kalo kamu pengen nangis yaudah nangis, pengen marah yaudah marah, pengen ketawa yaudah ketawa nggk usah di tahan-tahan ntar jadi  jerawat loh.,. tapi kamu harus tau dimana kamu mengekspresikannya, mungkin bisa di kamar, saat berdoa, saat kumpul kecil dengan sahabat yang ngertiin kita banget dan lainnya. Jadi semakin kita selallu berpikiran positive maka semakin terlatih perasaan kita. Nggak percaya?? Coba aja sob.. Pascal pernah mengutarakan kalimat-kalimat bijak, yang kira-kira bunyinya seperti ini:“Pikiran positif datang dari kepercayaan, pikiran negatif datang dari keragu-raguan”. 
5. Disenangi orang lain. Ada beberapa hal kenapa orang bisa senang sama kita yaitu bisa dari sikap, penampilan kita, harta kita dan lainnya. Apabila kita memang terlahir dengan sebuah kharisma  yang baik  dan harta yang melimpah, ini hal yang patut banget banget disyukuri karena kenapa ?? orang semacem ini nggak usah bertingkah macem-macem cukup diem deh, maka secara alami dan otomatis orang-orang pasti banyak yang senang terhadap orang semacem ini. Nah buat kamu kamu yang nggk punya hal tersebut nggk usah galau merasa Tuhan nggak adil, nggk usaha macem-macem bro dalam  mengarungi kehidupan ini, hidup kamu sekali jadi gunakanlah hidup ini secara bijak, dimanapun  jadi lah orang yang bermanfaat dalam artian situasi yang positive ya. Dengan selalu berpikiran positive thinking maka orang akan memandang kita sebagai pribadi yang strong tidak menyusahkan orang lain  memberikan aura dan pengaruh yang positive terhadap orang lain. Hal tersebut dapat membantu dirimu untuk disenangi oleh orang lain selain kamu harus berbuat baik ya.

Oke Mungkin cukup sekian gw ngebahas semua tentang yang namanya Positive Thinking, semoga dapat diambil manfaat dari tulisan gw ini dan mohon maaf apabila ada kesalahan yang dimuat  dalam tulisan ini karena gw hanya manusia biasa yang perlu banyak belajar. Mungkin sebagai orang yang realistis, setelah membaca tulisan ini kamu akan berpikir bahwa bicara dan menasehati adalah hal yang mudah tetapi menjalani itu adalah hal yang lebih berat daripada hanya sekedar berbicara dan menasehati, iyaa gw sadari itu ko,,makannya ayoo kita sama-sama memaknai tulisan ini dengan menjalani kehidupan secara lebih realistis. Tunggu tulisan gw selanjutnya ya yang lebih lebih realistis lagi.,.Terimakasih.

Penulis


Dony Noor Romadona

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Penyegar

MY POETRY

KENANGAN