"Belajar Dari Kebiasaan Tamu Bendera Matahari"

      Suatu waktu gw di minta tolong untuk menemani tamu dari negri asal sakura, ykni Japan , kta dosen pembimbing gw mereka mw penelitian disni untuk membuat sirup glukosa, nah gw diminta tolong buat bantu-bantu mereka,untungnya gw jg ditemnin ama kaka kelas gw lulusan S2 jurusan gw, sebut saja indra . hmm,,,,Tepatnya hari senin sebelum jam dua belasan mereka tiba di Wisma Tamu,,tmpatnya buat tamu-tamu nginep gt. Mereka datang . waaah gw mulai gk pede ne,,cz pasti bhasanya English , gw se ya little- little i can lah..hehe,  pertama jumpa mereka waah keliatan bgt dri mukanya mereka ramah n murah senyum dan tampangnya jepang bgt dah, kemudian kita kenalan dan saling bertanya-tanya gt dah , lalu mereka langsung ke laboratorium yang ada di jurusan dan berdiskusi dngan dosen pembimbing gw mengenai project ke depannya. Oh iya,,,gw lupa,, nama mereka tuh ya nama jepang gt ,,dosennya bernama “Takashi Misima” klo mahasiswanya bernama “Saka kurota” gw kira saku kurata =boke dong,,hehe, panggilan dia “Saka”, difiki-fikir dy mirip vokalis Seventeen versi rambut pendek dan berkaca mata.


     Hari pertama gw, ka indra, dosen pembimbing gw, dan tamu dari jepang itu mencoba untuk ber eksperimen membuat  sirup glokosa dari pati sagu sama dari sagu hampas, awalnya kita gagal memebuat itu karena konsentrasi nya terlalu tinggi jadi si pati langsung menggumpal ..nah Alhamdulilah begitu konsentrasi nya di turunin jadi lah tuh sirup glukosa,,gw selama mereka  ngomong se ngarti tpi rada bingung jg soalnya bahasa inggrisnya tuh logat jepang gt , ya sudah tpi lumyanlah bisa ngobrol bhasa inggris dngan mereka ya  itung2 belajar ngomong english ,,semkin hari semkin terbiasa gw dngan obrolan pke bhsa inggris. Di hari pertama  ini kita jak mereka untuk makan di kantin fakultas gw, mereka malah beli mie bangka, ya mungkin fikiran mereka itu tuh mie ramen kali ya cz porsinya kan gede. Sense misima ini dy gk suka pedes ,,tpi naah si Saka ini suka banget yang namanya pedes nambah lagi nambah lagi tuh sambel ktanya “it’s so Spicy” i like it... dan kita tutup hari ini dengan makan malam yang penuh canda tawa yaitu dngan menu SOTO,,dsno tuh gk ad yg namanya soto , ktnya ini sup ,,yah klo sup mah gk ada apa2 nya d bandingin dngan soto, apapun itu maknanya tetp mereka langsung ambisius buat memakan itu SOTO + langsung di foto dh tuh mkanan buat di upload d facebook , dan yg gw heran mlah si Saka memfoto harga-harga menu sotonya ,,ya mungkin ini termasuk muranh bgt kali ya,,,n bgitu kita slse mkan  dan mw bayar ehh,,,kita d byarin ama sense misima,,waah sesuatu bgt dah,,lumyan  ngehemat duit,,hehe
      O,,ok,,,ini hari kedua gw ngebantuin mereka, di hari kedua ini kita nyoba bikin sirup glukosa dari hampas sagu,,,ternyata,.,eh trnyata ,,begitu kita masukin bhan-bahan kedalam fermento dan mau menutupnya ehh...malahan konslet tuh Fermentor dan membuat kita jadi cengok,,,,laah ,,,gmna ini ???? gw jdi bingung  tpi si sense slalu bilang don’t worry - don’t worry dngan muka murah senyumnya, yasudah kita panggilah master of parabotan listrik yaitu laboran dari lab sebelah , buat membetulkan alat itu, nah setelah di otak-atik ternyata susah jg untuk membenarkan alat ini cz mesti  ada yg harus di beli2 dulu ,,lalu akhirnya si sense pun memutuskan untuk memakai air panas saja ,,,selama 2 jam ,,,yasudah kita langsung  proses dan menganalisa tuh sampel yang udh di proses analisa phenol sulfat method n DNS...Setelah itu kita tutup hari ini dengan makan Sate,,,dsna nggk ada sate ,,,di interst bgt mkan sate,,gw kasih mereka sate madura..yang bumbunya kacang itu loh ..mantap dah kata mereka ,,it’s very nice taste”, dan mereka pun langsung memfoto lagi tuh sate buat di upload ktanya,,,,oya tenyata di jepang juga ada tempe loh mereka senang makan tempe jg , dan disna pun namanya tempe.
     Hmm,,,inilah hari terakhir, gw bantu-bantu sense dan mahasiswanya,,di hari ini kita mencoba untuk membuat eksperimen skala lab saja karena alatnya rusak tpi sense slalu bilang don’t worry,,,,hmm ywdah dah ,,kita mah nurut aj ,,,,stelah kita slse melakukan eksperimen itu kita makan siang , dengan tongseng, mereka bilang ini sup lagi ,,laah ini mah bukan sup atuh , n stelah makan siang si saka mw minta di ajak ke toko yang jualan seragam buat badminton itu , dan kita pun mengantar dia untuk membelinya,,,dan dia pun memebeli apa yg diinginkannya yaitu baju badminton yang ada tulisan Taufik Hidayatnya...cz dia ngefans bgt ke atlet itu katanya. Cz taufiik hidayat salh satu atlet  badminton yang dikenal orng jepang  selain Lin dan. Dan diapun memebeli baju sebanyak 3 buah ,dengan harga 50.000. jdi total 150.000 , aah itu mah murah bgt buat ukuran orng jepang mah mungkin dsna baru dapet setengah baju klo dsni dapet 3 baju,,,hmmm, ,,klo gw yg beli hadeuh mesti fikir2 dlu itu mah,,hehe.n Ok stelah itu kita kembali ke lab untuk beres-beres cz hari 8ini dia langsung cabut balik ke jepang  dengan modal nekat,,,kenapa nekat,,kenapa nekat ,,,mw tau..mw tau??? Soalnya dia tuh punya tiket untuk jadawal  penerbangan hari esok nya tapi krna hari esok si sense itu ada rapat dadakan yang gk bisa ditinggalin jdi dia harus cpet2 balik, nah dia mw nukerin tuh tiket di bandara tpi kata petugas nya gk bisa di tukar klo mw langsung ke bandara aja siapa tau pesawatnya masih kosong nah dy langsung naek,,klo msh ada yang kosong y,,itu jg ,,lalu  sampailah kita di wisma tamu tempat kita bertemu awal dan berpisah jg ,,oya gw dikasih kenang-kenangan berupa Kipas jepang loh ,,mntap dah,.  Lalu kita betjabat tangan dan sling mengucapkan terimakasih , n gw gk ikut ke bandara tpi ka indra ikut nemenin mereka solanya dia sudah dititkan suatu amanah dari dosen pembimbing gwgt dh cerita gw selama ngebantu-bantu tgs mereka di indonesia ini,
Beberapa yng bisa gw insiprasi buat kehidupan gw ini dari kebiasaaan mereka adalah   
  1. Selalu murah senyum ketika bertemu dngan orng tunjukan raut muka yng bhagia ketika bertemu dngan orng 
  2.  Selalu mengucapkan Thank’s –terimakasih untuk pemberian yang sekecil apapun itu kepada kita
  3. Selalu menghargai kerjaan orang lain , wlaupun itu pekerjaan kurang memeuaskan tapi slalu ucapkan terimakasih dan mencoba untuk memebritahu bgaimana seharusnya. 
  4.  Tepat waktu ,,itu sikap disiplin yng gw harus contoh bgt.
  5. Rajin baik mw, sedang, dan selse melakukan aktivitas, *gw liat si sense ngbersihin meja  lab pke lap basah di lap in tuh semua meja sama dia sampe-sampe pipet mikro pun dia bersihin ,,hmm,,,luar biasa.
                 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Penyegar

MY POETRY

KENANGAN